>

Thursday, July 29, 2010

Kita perlu Roh Kudus dalam pelayanan

Melayani bukan istilah yang asing bagi orang kristen. Yesus telah memberi contoh kepada kita ketika yesus berada di dalam dunia ini. Ketika Yesus ada di dalam dunia ini yang dilakukanya adalah melayani banyak orang........dimana yang sakit disembuhkanNya,yang buta melihat,yang lemah dikuatkan, dan masih banyak pelayanan-pelayanan lain yang Yesus kerjakan.......dan Alkitab mencatat selama Yesus berada dalam dunia ini, Ia tidak pernah berhenti melayani.
Mengapa Yesus tidak pernah berhenti melayani? Jawabanya ada di Yoh 5:17.

1. Sikap terhadap tugas pelayanan.
Banyak orang keliru dalam memandang setiap tugas pelayanan yang dilakukanya. Ada yang menganggap begitu sepele sehingga tidak pernah serius melakukanya. Pelayanan dianggap sebagai sambilan dan mengisi waktu luang belaka. Ada yang memandang pelayanan sebagai ibadah formal keagamaan yang kaku sehingga cenderung merupakan beban.
Beberapa sikap tugas pelayanan yang dikehendaki Tuhan antara lain;
1. Tugas pelayanan harus dipandang sebagai kepercayaan yang dianugerahkan Allah kepada kita (Kol 1:25)
2. Tugas pelayanan yang dipilih disesuaikan dengan talenta dan karunia Roh yang kita miliki; tak ada pelayanan yang tidak penting dihadapan Tuhan, semuanya penting dan saling melengkapi.
3. Sikap penuh disiplin dan setia terhadap tugas pelayanan yang dipercayakan sangat dihargai Tuhan (Mat 25:23).
4. Sikap menyeimbangkan pelayanan dengan karier dan keluarga juga harus diperhatikan; pelayanan tidak boleh menjadi alasan dan dikambinghitamkan untuk menutupi kekurangan dalam penanganan karier dan keluarga.

2. Sikap terhadap rekan sepelayanan.
Sebagai anggota tubuh Kristus kita harus menyadari peran kita dan juga peran rekan sepelayanan lainya. Dalam Alkitab dicatat adanya pelayanan yang kurang harmonis dalam kebersamaan karena adanya motivasi yang kurang murni dalam melayani. Beberapa diantaranya adalah;
A. Jemaat Korintus yang senang membentuk kelompok-kelompok. (1 Kor 1:10-17).
B. Motivasi pelayanan untuk lebih menyenangkan hati manusia daripada hati Tuhan (Gal 1:10)

Oleh sebab itu kita harus memiliki sikap yang baik dan benar terhadap rekan sepelayanan, seperti;
A. menghargai sesama rekan sepelayanan,apapun profesinya dan apapun bentuk pelayananya, bahkan yang satu menganggab yang lain lebih utama (Filipi 2:1-4)
B. Mempunyai sikap saling membutuhkan baik dalam saling mendoakan, saling menolong dan memberi penghiburan (Gal 6:2)
C. Mau bersikap terbuka tanpa takut terluka dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam pelayanan; bersedia mengakui kesalahan dan meminta maaf, dan juga bersedia mengampuni mereka yang bersalah
D. Bersikap mau menegur dalam kasih apabila melihat atau mendengar ada rekan sepelayanan yang menyimpang dari kebenaran Firman Tuhan (Ams 28:23)

☺. Dengan telah dipahami prinsip-prinsip pelayanan tidak secara praktis menjadikan kita langsung melayani tanpa cacat. Kita masih akan masuk dalam proses hidup yang cukup panjang dalam pelayanan . Kita memerlukan Roh Kudus yang menjadi penolong kita.
Roh Kuduslah yang dapat mempersatukan kita dalam kasihNya. Roh Kudus adalah satu pribadi. Dan sebagai pribadi, maka Ia mempunyai pikiran,perasaan dan kehendak. Ia bukan hanya sekedar kuasa, tapi mempunyai unsur kepribadian.
Dalam Mazmur 51:13 Daud berkata:" Jangan membuang aku dari hadapanMu, dan janganlah mengambil RohMu yang kudus daripadaku". Daud adalah raja yang kaya dan memiliki segalanya, namun dibalik semuanya itu ia sadar dan mengerti bahwa apapun yang ia miliki jika tanpa Roh Allah dia tidak dapat berbuat apa-apa (bnd Mazmur 124:1-8)
Roh Kudus menolong saudara. Lebih lagi dalam setiap pelayanan kita...pujian yang keluar dari lubuk hati yang terdalam mengandung antusiasme dan semangat mencintai Tuhan jika pribadi kita di sertai oleh Roh Kudus. Antusias disini bukan berarti bersikkap sembrono dan liar. Memuji Tuhan tidak seperti menghadiri suatu konser musik rock. Memuji Tuhan adalah terbuka sepenuhnya kepada Roh Kudus,bersukacita dalam Roh,tidak mengikatkan diri pada aturan-aturan yang Kaku. Akan tetapi, Roh Kudus adalah Roh yang tertib dan teratur.
Saya bersaksi bagi saudara hidup tanpa Roh Kudus adalah celaka...!
Begitu ajaib penyertaanNya sehingga saya terhindar dari segala sesuatu yang akan mencelakai saya. Kebiasaan saya sebelum tidur selalu menyiapkan segelas besar air putih di tempat tidur. Karena kamar saya kalau malam sekitar pukul 19.00-02.00 panas,karena sama sekali tidak ada fentilasi. Jika merasa kehausan setelah terbangun saya akan minum segelas air...singkat kata malam itu sebelum tidur saya merenung sambil berebah mengenang masa kecil saya dan kembali instropeksi masa sekarang...tak terasa air mata mengalir karena merasakan syukur walaupun keadaan saya saat itu kurang dalam ekonomi. saya katakan terimakasih Roh Kudus atas penyertaanMu...terimakasih Tuhan Engkau takkan membiarkan aku sebagai yatim piatu di dunia ini. Hanya dengan ucapan syukur malam itu saya dilepaskan dari kuasa si jahat. Entah kenapa malam itu saya tidak merasa haus...dan ternyata setelah isteri saya membuka tutup gelas tupperware tempat minum saya rupanya di dalamnya ada semacam rambut tetapi bergeligi dan setelah kami amati benda itu bergerak-gerak seperti cacing tapi tidak lembek dan binatang itu sangat kuat sekali.
Tanks...Lord,..
Bagaimana jika binatang itu masuk keperut saya?
Dan saya tak habis pikir, bagaimana bisa ia masuk ke dalam gelas sedangkan gelas tertutup rapat sekali?

BAPA YG AJAIB ALLAH YANG KEKAL...!!! amin

1 comment :

Tiggalkan komentar anda termasuk kritik/saran,pertanyaan,pendapat,dsb. Kami akan menghapus coment yang menjurus pada SARA. Terimakasih, GBU.


Photobucket>
Pangkalan Bun akan dipenuhi kemuliaan.Amin